Mengenal Bahasa Pemrograman PHP




PHP (Hypertext preprocessor) adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server side scripting maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam format HTML. Dengan demikian kode program yang ditulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan halaman web lebih terjamin. PHP dirancang untuk membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web.

PHP
Cara Kerja PHP


PHP termasuk dalam Open Source Product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas. Versi terbaru PHP dapat diunduh secara gratis di situs resmi PHP yaitu http://www.php.net . PHP juga dapat berjalan pada berbagai web server seperti ISS (Internet Information Server), PWS (personal web server), Apache, Xitami. PHP juga mampu lintas platform. Artinya PHP dapat berjalan dibanyak sistem operasi yang beredar saat ini, diantaranya: sistem operasi Microsoft Windows (semua versi), Linux, Mac OS, Solaris. PHP dapat dibangun sebagai modul pada Web Server Apache dan sebagai binary yang dapat berjalan sebagai CGI (Common Gateway Interface). PHP dapat mengirim HTTP header, dapat mengatur cookies, mengatur authentication dan redirect users.
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PHP adalah kemampuannya untuk melakukan koneksi ke berbagai macam software sistem manajemen basis data/database management system (DBMS), sehingga dapat menciptakan suatu halaman web yang dinamis. PHP mempunyai koneksitas yang baik dengan beberapa DBMS antara lain Oracle, Sybase, mSQL, MySQL, Microsoft SQL server, Solid, PostreSQL, Adabas, Filepro, Velocis, dBase, Unix dbm, dan tak terkecuali semua database ber-interface ODBC.
PHP (akronim dari Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis maupun aplikasi web. Berbeda dengan HTML yang hanya bisa menampilkan konten statis, OHO bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten yang dinamis dari sebuah website. Blog, Toko Online, CMS, Forum dan Website Social Networking adalah contoh aplikasi web yang bisa dibuat oleh PHP. PHP adalah bahasa Scripting, bukan bahasa tag-based seperti HTML. PHP termasuk bahasa yang cross-platform, ini artinya PHP bisa berjalan pada sistem operasi yang berbeda-beda. Program PHP ditulis dalam file plain text (teks biasa) dan mempunyai akhiran “.php”.
  
PHP memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
  1. Bahasa pemrograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. 
  2. Web server yang mendukung php dapat ditemukan dimana-mana dari mulai ISS sampai dengan apache, dengan konfigurasi yang relative mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi banyak. 
  5. PHP adalaj bahasa Open Source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system. 
  6. PHP adalah termasuk bahasa embedded (bisa diletakkan dalam tag HTML).  


          Syarat untuk Menjalankan PHP

Sebelum memulai untuk mencoba perintah PHP yang disertakan sebagai latihan praktikum dalam modul ini, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan/di-install di dalam computer, diantaranya:
  1. Sistem operasi. (Windows, Linux, Mac OS, Solaris) 
  2. Browser, browser dibutuhkan untuk menjalankan dan menampilkan contoh-contoh kode program yang terdapat di dalam buku ini. Berikut adalah beberapa program aplikasi browser yang cukup popular: Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, Opera. 
  3. XAMP, WAMP, AppServer dan lain-lain. Merupakan aplikasi yang mengintegrasi beberapa aplikasi utama web di dalamnya. 
  4. Web editor. Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetikkan kode-kode program PHP, HTML, CSS, dan Java Script. Saat ini banyak sekali program aplikasi web editor, diantaranya: Notepad, Notepad++, Adobe Dreamweaver dan lain-lain.


Script PHP termasuk dalam HTML-embedded, artinya kode PHP dapat disisipkan pada sebuah halaman HTML. Ada beberapa cara untuk menuliskan script PHP, yaitu :
1. <?php
Script PHP
?>
2. <script language = “php”>
Script PHP anda
</script>
3. <?
Script PHP
?>
4. <%
Script PHP
%>
 
Cara pertama merupakan format yang dianjurkan tetapi mungkin cara ketiga akan sering digunakan karena lebih ringkas. 
Cara yang kedua digunakan untuk mengantisipasi editor-editor yang tidak dapat menerima kedua cara di atas. Selain itu kita juga bisa menggunakan cara penulisan ASP, tetapi tentu saja ada beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan.  Parser PHP bekerja membaca file HTML sampai ditemukan penanda khusus yang memberitahukan untuk menterjemahkan skrip berikutnya sebagai kode PHP. Parser PHP akan mengeksekusi semua perintah dalam blok kode PHP tersebut. Dengan cara inilah maka kode skrip PHP dapat ditempelkan pada dokumen HTML. Teks lainnya yang berada di luar blok PHP akan dianggap sebagai skrip HTML biasa. 


0 Response to "Mengenal Bahasa Pemrograman PHP"

Posting Komentar